Perbedaan UI dan UX, Apa Saja?

Peran Penting UI dan UX

Tujuan utama dari sebuah perusahaan adalah meningkatkan penjualan dan menaikkan skala bisnis. UI/UX memainkan peran penting dalam mencapai tujuan tersebut. Desain UI/UX bisa meningkatkan pengalaman pengguna di aplikasi dan kepuasan pengguna secara keseluruhan. Ini jelas bisa meningkatkan jumlah pengguna baru, sebab pengguna lama akan merekomendasikan aplikasi tersebut kepada teman, kerabat, dan lain-lain.

Desain UI/UX bisa membantu kamu memenangi hati konsumen dan membuat mereka menggunakan aplikasi secara terus-menerus. Untuk startup kecil, UI/UX menjadi sangat krusial karena kesan pertama akan menentukan keberlangsungan perusahaan.

Perbedaan UI dan UX

Meski kedua hal ini saling berkaitan terdapat beberapa perbedaan UI dan UX dalam beberapa aspek antara lain:

1. Tujuan Desain

Perbedaan UI dan UX pertama adalah dalam segi hal tujuan desain. Keduanya memiliki fokus yang sangat berbeda. User Interface (UI) bertujuan dalam mempercantik visual tampilan produk. Sementara User Experience (UX) dirancang memberikan pengalaman yang menyenangkan pada user dalam penggunaan produk.

Artinya, UI akan fokus pada tampilan yang mempengaruhi kesan pertama pengguna sedangkan UX lebih kepada pengalaman pengguna saat menjalankan sebuah aplikasi atau website.

2. Komponen Desain

UI berfokus pada komponen meliputi warna, gambar, dan video animasi, pemilihan huruf, tombol, dan visual interaksi lainnya. Sedangkan pada UX design mencakup seluruh komponen seperti fitur, struktur desain, hingga navigasi.

3. Proses Desain

Dalam pembuatan desain, perbedaan UI dan UX adalah UX membutuhkan riset pengguna agar dapat menghasilkan produk yang disukai dan dibutuhkan user. UX Design juga membutuhkan proses yang lebih banyak dan membutuhkan peran seorang UX researcher.

Demikian dengan UI. Proses desain juga membutuhkan riset namun riset yang dilakukan membuat desain yang menarik sesuai konsep. Umumnya seorang UI Designer akan membuat mockup terlebih dahulu.

4. Alat yang Digunakan

Pada segi tools atau alat yang digunakan, perbedaan UI dan UX adalah UI Designer akan menggunakan software seperti Flinto, Adobe illustrator, Principle, dan Frames X.

Sedangkan beberapa aplikasi yang mendukung UX Designer, seperti Sketch InVision, Figma, Adobe XD, Axure, dan lainnya. Sedangkan pada UX designer harus mampu melakukan riset, analytical thinking, problem solving, creative thinking, dan problem solving.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top