Pahami 3 Jenis UX Designer dan Tugasnya: Panduan Lengkap

Pahami 3 Jenis UX Designer dan Tugasnya: Panduan Lengkap

Salah satu pekerjaan yang banyak dicari oleh perusahaan yaitu UX Designer. Profesi ini memiliki peranan penting berkaitan dengan menentukan tampilan aplikasi atau sebuah situs. Profesi ini tidak terpaku pada tugas mendesain tampilan website, namun juga harus bisa membuat produk bermanfaat, mudah serta nyaman digunakan.

Simak apa saja tugas profesi ini dan rincian gajinya berikut ini.

UX Designer Adalah

UX design adalah proses menciptakan pengalaman yang intuitif pada saat user menggunakan website atau aplikasi. Tujuan hadirnya profesi UX designer yaitu untuk menciptakan layanan maupun produk guna memenuhi kebutuhan dan mengatasi masalah pengguna.

Jika dilakukan dengan benar, UX design akan membantu pemilik bisnis meningkatkan kepuasan para pelanggan. Pada dasarnya UX merupakan konsep yang telah lama ada. Semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, profesi ini kian populer terutama di kalangan gen Z.

Lowongan pekerjaan bidang ini mengalami peningkatan dalam satu tahun terakhir sekitar 6.800. Tidak heran jika profesi ini masuk dalam daftar pertumbuhan yang paling besar. Bahkan riset yang dilakukan oleh salah satu platform komunitas daring menyebut pekerjaan di bidang ini termasuk paling seimbang.

3 Tipe UX Design yang Harus Anda Tahu

Profesi ini akan terlihat langsung dalam proses pembuatan produk. Setelah mengetahui peranan secara umum, maka ada tiga tipe menurut ruang lingkup, yaitu:

Generalist designer

Mayoritas, desainer interface aplikasi atau website memulai karir sebagai generalist designer. Tipe ini memiliki tugas dan tanggung jawab untuk:

  • User research
  • Interface design 
  • Usability testing
  • Writerfarming

Output pekerjaan generalist UX salah satunya research, selanjutnya harus merancang wireframe sebuah sistem. Nantinya, wireframe akan dikembangkan lagi dalam visual design untuk interface sistem.

Specialist designer

Tipe selanjutnya yaitu fokus mendalami jenis bidang UX design lebih spesifik lagi dan memiliki keahlian di bidang tersebut. Specialist designer bekerja di perusahaan besar yang telah memiliki tim UX lebih profesional. Output pekerjaan tipe specialist UX memiliki keahlian merancang wireframe. Profesi ini akan menghasilkan rancangan wireframe dalam bentuk sketsa maupun di whiteboard digital.

T-Shaped designer

T-Shaped designer adalah specialist UX yang memiliki kemampuan di bidan lain, tidak hanya di bidang UX design saja. Profesi tipe ini memiliki pemahaman luas tentang peran UX design untuk menghasilkan interaction design.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top